SPESIFIKASI PEKERJAAN BAJA RINGAN “GIGASTEEL”

Spesifikasi pekerjaan Baja Ringan merk Gigasteel yang harus di patuhi oleh semua Aplikator di bawah naungan GIGASTEEL, Karna jika tidak mematuhi akan berdampak pada pemasangan Baja Ringan yang kurang tepat..Spesifikasinya meliputi Sebagai Berikut

Spesifikasi pekerjaan Baja Ringan
Spesifikasi pekerjaan Baja Ringan

 

Lingkup Pekerjaan

  1. pekerjaan GIGASTEEL meliputi pengukuran bentang ring balok tumpuan, desain kuda-kuda, pengiriman bahan ke lapangan, pembuatan kuda-kuda dan pemasangan seluruh kuda-kuda sampai membentuk rangka atap serta pemasangan reng sesuai dengan jenis penutup atap. , sesuai dengan isi Surat Kontrak Kerja.
  2. pekerjaan GIGASTEEL juga temasuk pekerjaan pemasangan bracing (sesuai dengan hasil desain) yang terdiri dari:
    • bottom chord bracing
    • ikatan angin
    • railing (dipasang apabila terdapat pada gambar)
    • top chord bracing
  3. pekerjaan GIGASTEEL termasuk pemasangan talang jurai dalam, apabila terdapat dalam gambar.

Spesifikasi pekerjaan Baja Ringan  – Pekerjaan pemasangan rangka atap Giga Steel meliputi, Struktur rangka kuda-kuda (truss), balok tembok setempat (top plate/murplat) dan angkur ke ring balok berupa dynabolt, connector antara kuda-kuda dengan top plate, pekerjaan struktur pengaku (bracing) dan pekerjaan reng sesuai kebutuhan jenis penutup atap rencana.

Spesifikasi dan Teknik Pelaksanaa

Lingkup pekerjaan

  • Pekerjaan meliputi pengukuran bentang ring balok tumpuan di lapangan (sebelum fabrikasi kuda-kuda), desain kuda-kuda, pengiriman bahan ke lapangan (delivery), pembuatan kuda-kuda (fabrikasi) dengan alat sambung steel fix dan pemasangan seluruh rangka kuda-kuda Giga Steel sampai siap dipasangi bahan penutup atap sesuai  dengan Surat Kontrak Kerja,  serta pemasangan struktur pengaku yang terdiri dari:
    • Bottom chord bracing
    • Top chord bracing
    • Ikatan angin
    • Lateral tie (sesuai kebutuhan)
  • Pembuatan/fabrikasi kuda-kuda dilakukan di lapangan (site)
  • Pekerjaan pemasangan rangka atap Giga Steel Giga Steel meliputi, Struktur rangka kuda-kuda (truss), balok tembok setempat (top plate/murplat) dan penambat ke ring balok berupa dynabolt, connector antara kuda-kuda dengan top plate, pekerjaan struktur pengaku (bracing) dan pekerjaan reng sesuai kebutuhan jenis penutup atap rencana.

Persyaratan bahan

  • Bahan baja yang digunakan untuk rangka kuda-kuda, struktur pengaku dan reng  adalah baja high tensile strength, dengan mechanical properties seperti Tabel 1.
Steel grade G550
Minimum Yield Strength 550 MPa
Ultimate Tensile Strength 550 MPa
Modulus of Elasticity 200 000 MPa
Shear Modulus 80 000 MPa
  • Lapisan anti karat baja ringan (coating) berupa Galvanishing dengan cara Hot-dip zinc-coated, dengan spesifikasi teknis pada Tabel 2.
Coating class Z220
Minimum coating mass 220 gr/m2

Sesuai dengan Code JIS G 3302 1994 – Hot Dipped Zinc coated for Structural Sheet and Coils, sesuai  ASTM 525-87 dan ASTM 653-96.

Bentuk profil baja ringan Giga Steel terdiri dari:

  • Batang utama kuda-kuda (Bottom Chord dan Top Chord) menggunakan profil Z dengan dimensi 75x34Z08,75x34Z10,95x34Z08,dan 95x34Z10 serta batang pengisi kuda-kuda (web) menggunakan profil C dengan dimensi 75x39C08, 75x39C10, 65x39C08, 65x39C10, 55x29C08 dan 55x29C10.
  • Struktur pengaku kuda-kuda (bracing) terdiri dari Bottom chord bracing menggunakan profil B-Section B37,  Top chord bracing menggunakan profil  B-Section B37 sesuai kebutuhan desain, railing menggunakan profil  B-Section B37 dan Ikatan angin menggunakan profil  B-Section B37.
  • Gambar profil baja untuk pekerjaan rangka atap:

 

Alat sambung kuda-kuda baja ringan berupa sekrup khusus yaitu self drilling screw HEX 10-16×16 dengan spesifikasi teknis seperti pada Tabel 3.

Minimum rating corosi Kelas 2 berlapis Zinc Gbr. self drilling screw
Panjang (termasuk kepala baut) 16 mm
Kepadatan alur 16 mm
Diameter badan dengan alur 4,80 mm
Diameter badan tanpa alur 3,80 mm
Kekuatan Mekanikal 5,10 KN
Gaya aksial 8,60 KN
Gaya torsi 6,90 KN

Spesifikasi pekerjaan Baja Ringan

 

  1. Alat sambung (connector) kuda-kuda baja ringan ke struktur pendukung top plate menggunakan alat GigaGrip, yang berfungsi untuk menahan beban vertikal dan horizontal.
  2. Pemasangan angkur top plate/murplat ke ring balok beton menggunakan dynabolt, yang dipasang setiap jarak tertentu sesuai kebutuhan.

Persyaratan Pelaksanaan

  1. Pembuatan dan pemasangan Bahan baja yang digunakan untuk rangka kuda-kuda dan bahan lain terkait harus dilaksanakan sesuai dengan gambar desain yang telah dihitung dengan computer menggunakan software Giga Steel Frame .
  2. Perakitan kuda-kuda dilakukan di lapangan dengan menggunakan alat sambung self drilling screw.
  3. Pihak kontraktor bersedia menyiapkan semua struktur ring balok penopang kuda-kuda dengan kondisi rata air (waterpas level).
  4. Pihak kontraktor harus menjamin kekuatan dan ketahan semua struktur yang dipakai untuk tumpuan kuda-kuda. Berkenaan dengan hal tersebut, pihak konsultan perencana struktur berhak untuk meminta informasi mengenai reaksi perletakan kuda-kuda baja ringan Giga Steel.
  5. Penanganan dan pemasangan kuda-kuda harus sesuai berdasarkan gambar Layout kuda-kuda, gambar detail bracing, serta gambar detail pelaksanan.
  6. Penambatan kuda-kuda ke top plate/murplat menggunakan alat sambung Gigagrip untuk menahan gaya vertikal dan horizontal. Top plate/murplate harus di tambatkan ke struktur ring balok tumpuan kuda-kuda dengan Dynabolt.
  7. Pemasangan bracing rangka atap harus dipasang secara benar sesuai desain sehingga system rangka atap dapat bekerja secara bersama-sama (as an integral structure).
  8. Semua detail sambungan harus dipasang sesuai dengan gambar kerja.
  9. Pemasangan reng sesuai jenis penutup atap yang dipakai sesuai dengan Surat Kontrak Kerja.

Jaminan Struktural

  1. Jaminan yang dimaksud adalah jika terjadi deformasi yang melebihi ketentuan maupun keruntuhan yang terjadi pada struktur rangka atap Giga Steel, meliputi; kuda-kuda, struktur pengaku dan reng.
  2. Kekuatan rangka atap Baja Ringan GigaSteel dijamin dengan kondisi sesuai Peraturan Pembebanan Indonesia dan mengacu pada persyaratan-persyaratan seperti yang tercantum pada “ Cold formed code for structural steel” (Australian Standard/New Zealand Stabdard 4600:1996) dengan desain kekuatan structural berdasarkan “ Dead and Live Loads and Load Combinations” (Australian Standard 1170.1 Part 1) dan “Wind Loads” (Australian Standard 1170.2 Part 2) dan menggunakan sekrup berdasarkan ketentuan “Screws-Self drilling-for the building and construction industries” (Australian Standard 3566).

Lampiran hasil uji mutu bahan baja ringan

  1. Hasil uji skala penuh kuda-kuda sistem GIGASTEEL di PUSKIM P.U, Bandung, tahun 2010 .
  2. Hasil verifikasi software GIGASTEEL frame di labaoratorium Struktur Institut Teknologi Bandung, Bandung, tahun 2010.

 

Sumber Google

Comment

There is no comment on this post. Be the first one.

Leave a comment

WhatsApp Hubungi Kami