Baja Ringan Merk Gigasteel Menjadi Pilihan Utama

Baja Ringan Tidak Mudah Berkarat

Kenapa Merk Baja Ringan GIGASTEEL menjadi pilihan pertama para Aplikator dan Customer

Sesuai dengan namanya yaitu baja ringan, sudah jelas tipe baja ini adalah baja yang tidak berat, biasanya orang lebih mengenal semua yang disebut baja adalah sesuatu yang berat atau juga mereka menyebut baja konvesional. Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat tipis dan tentunya ringan, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional  jika baja ringan disusun dan didesain dengan strategi dan perhitungan yang akurat.

Ada beberapa macam baja ringan yang di kelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya atau dalam bahasa inggrisnya tensile strength. Kemampuan tegangan tarik ini umumnya di dasarkan pada fungsi akhir.

Salah satu baja ringan dengan mutu tinggi yaitu GIGASTEEL dengan kekuatan leleh minimum 550 MPa (Mega Pascal). GIGASTEEL menciptakan system rangka atap baja ringan sebuah bangunan dengan struktur dan perhitungan yang luar biasa.

Alasan – alasan menggunakan baja ringan digunakan untuk rangka atap:

  1. Tidak akan dimakan rayap
  2. Akan mempercepat durasi atau waktu pengerjaan suatu bangunan
  3. Lebih ringan daripada jika anda menggunakan kayu sebagai rangka atap anda
  4. Menggunakan anti karat yang sesuai dengan kebutuhan dan perhitungan atap rumah / bangunan anda

Spesifikasi milik GIGASTEEL meliputi profil batang utama (top and bottom chord) yaitu profil Z, profil batang web yaitu profil C , dan profil reng yaitu profil B. Lapisan anti karat yang dipakai atap baja ringan GIGASTEEL mengandung Aluminium Zinc AZ100 dengan ketebalan lapisan 100gr/m2.

GIGASTEEL hadir dari pengalaman para ahli yang telah berkecimpung lebih dari 20 tahun dalam pengembangan “ system rangka atap  “. GIGASTEEL mempunyai system terbaik dan juga dibuat di mesin terbaik dengan menggunakan bahan terbaik dan bisa memberikan kolaborasi terbaik untuk customer. GIGASTEEL adalah system rangka atap yang memberikan garansi nasional 10 tahun.

RANGKA ATAP BAJA RINGAN, AMAN! TAPIIII……..

Seperti halnya struktur pd umumnya, memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Amankah rangka atap baja ringan?

AMAN!!!

Tapi ada beberapa poin penting yg harus dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan memakai rangka atap Banyak tipe dan merek beredar, namun jika hanya harga yg jadi pertimbangan, maka MAUT akan mengintai……
Penulis akan memaparkan

Mengapa Struktur Baja Ringan sering gagal

Struktur Baja Ringan
Struktur Baja Ringan
  1. Saat ini baja ringan sudah jadi produk massal, mudah ditemukan di mana-mana dan bisa dibeli serta dipasang siapa saja, termasuk oleh pihak yg tidak kompeten jadi kontraktor atau instalator struktur.
  2. Kalau mau aman, ya struktur baja ringan harus dihitung dengan perangkat lunak/software yg benar dan tepat. Tapi harganya cukup mahal, bisa puluhan bahkan ratusan juta Rupiah. Alternatif lainnya adalah menyewa penggunaan software itu. Harga sewanya berkisar 20-an juta Rupiah per tahun. Melihat dari nilai ini saja, sudah terlihat bahwa syarat penggunaan software tidak akan bisa dipenuhi kontraktor-kontraktor kecil.
  3. Bahan dasar metal lembaran saat ini masih banyak beredar yang kualitasnya bukan diperuntukkan bagi struktur rangka atap baja ringan. Misalnya saja syarat kekuatan bahan yg seharusnya G550 High tensile steel, ternyata waktu diuji di bawah itu, bahkan konon ada yang hanya G370 mild steel. Bukan berarti G370 itu jelek. Tapi untuk rangka atap, syaratnya minimum G550.
  4. Lapisan anti karat atau coating yang non standar. Untuk Galvanis (Zinc), minimum Z180 (tebalnya 180 gram/m2), untuk Galvalume (aluminum-zinc) minimum AZ150 (150 gram/m2). Coba cek, di pasaran yg beredar AZ100 bahkan kurang.
  5. Syarat jumlah sekrup (harus self-drilling screw beralur kasar) dan mutu sekrup seringkali diabaikan. Di tiap titik sambunhmgan, minimal 3 sekrup harus dipasang. Faktanya, kadang cuma 1-2 sekrup itupun suka meleset lubangnya. Sekrup standard high strengh AS 3556 diganti sekrup biasa yg lebih murah, bahkan ada yang nekat memakai sekrup beralur halus yg notabene bukan diperuntukkan bagi rangka atap.
  6. Syarat pembebanan sering diabaikan. Tidak hanya beban penutup atap, beban angin dan hujan pun seharusnya dihitung dan berbeda (khas) di tiap wilayah.
  7. Profil yg mudah ditemukan di pasaran tebalnya 0.75-0.8 mm, bahkan ada yg hanya 0,65mm dan 0,50mm ! Sebenarnya ketebalan ini masih bisa dipertanggungjawabkan asalkan dihitung benar2 memakai software yg tepat.
  8. Rangka atap kekakuannya rendah, sehingga perlu dipasang elemen2 pengaku/bracing yang cukup dan tepat pemasangannya. Bracing vertikal, lateral dan horizontal seringkali tidak dipasang, atau dipasang sembarangan dan salah penempatan.
  9. Tidak banyak engineer yg menguasai prinsip desain sesuai AISI, karena dalam kurikulum S1 Teknik Sipil di Indonesia memang tidak diajarkan. Itu sebabnya perencanaan harus dilakukan oleh engineer struktur dengan memakai software yg tepat.

Pengertian Konstruksi Baja

Alasan Memilih Baja Ringan
Alasan Memilih Baja Ringan

Konstruksi baja yakni satu buah konstruksi atau rangka baja yg terdiri dari batang-batang baja yg di sambung-sambung menjadi sebuah  gabungan wujud segitiga menyerupai bangunan. tiap-tiap batang akan di sambung menyerupai simpul dan memanfaatkan baut, las lumer dan semua paku kelling. Yang disebutkan konstruksi baja yaitu sebuah rangka di sektor puncak rumah suatu bangunan seperti bangunan bengkel, gudang, dan bangunan-bangunan lain

  • Dalam pemakaian konstruksi baja diperlukan seperti berikut:
  • Pembuatan kuda-kuda rangka bangunan
  • Bahan baja yang digunakan
  • Lapisan Anti Karat
  • Proses perhitungan
  • Screw yang digunakan
  • Dll.

Keistimewaan Konstruksi Baja

Pemasangan yg relatif enteng, bila anda memanfaatkan konstruksi tidak hanya baja, kira kira memerlukan tenaga yg tidak sedikit, namun dengan memanfaatkan konstruksi baja tidak perlu mengeluarkan seluruh tenaga dan juga untuk anggaran konstruksi baja lebih sesuai dengan bisa menekan anggaran operasional.

baja lebih efisien dibanding dengan konstruksi lainnya,  baja juga mempunyai mutu yang bagus.

Anda perlu tahu bentuk-bentuk baja yg di perdagangkan. bila kamu mau paham beberapa jenis dan sedang ukuran mengenai baja dikarenakan bahan baja yg difungsikan pada sebuah konstruksi tidak semuanya sama atau juga lebih mudahnya tergantung fondasi sebuah tempat.

Menggunakan Baja Ringan

Apa perbedaan dari baja berat ( konvensional ) ?

Dari segi proses pembentukannya, baja konvensional dibentuk saat masih berwujud liquid atau cairan dengan suhu yang sangat panas. Cairan baja tersebut akan dituang ke cetakan dengan teknik khusus yang tidak sembarang orang mampu melakukannya.

Beda halnya dengan baja ringan yang dibentuk saat suhu cairan baja mulai agak dingin. Perbedaan suhu tersebut menjadi faktor penyebab berat dan tidaknya massa besi baja itu.

Kenapa Pemasangan Baja Ringan Harus Menggunakan System ?
Kenapa Pemasangan Baja Ringan Harus Menggunakan System ?

Pertanyaan di atas sering muncul di para calon pemasang baru maupun para Tukang Baja Ringan itu sendiri, Kira kira kenapa yaa ?…

Banyak kita temui pemasangan tanpa System yang artinya tanpa di hitung terlebih dahulu dengan komputer, Struktur itu tidak kuat dan menyebabkan AMBRUK nya bangunan karna tanpa perhitungan beban yang dihitung dengan Software Baja Ringan khusus, Tanpa perhitungan yang tepat, struktur tidak akan kuat menompang beban yang berat, terutama beban Genteng Keramik atau Genteng Beton.

Jika Anda menggunakan layanan jasa kami dari GIGASTEEL pasti akan di tanyakan dahulu area pemasangan dan beban atau genteng nantinya yang akan di pasang, setelah mendapat informasi dari customer baru kami perhitungkan desain gambar dengan menggunakan software khusus yang kami punya.

Bagaimana menentukan Harga Baja Ringan System

harga baja ringan
harga baja ringan

Harga Baja Ringan Perbatang berbeda dengan System, Karna jika system harus di perhitungkan terlebih dahulu oleh para desainer kami, jika anda memerlukan harga silakan kontak kami untuk segera kami hitungkan. Setelah itu baru kami akan survei lokasi pemasangan, karna lokasi pemasangan juga menentukan dari Harga penawaran dari kami.

Tips Agar Baja Ringan di Rumah Tak Mudah Berkarat

Korosi merupakan masalah utama yang menyerang material logam, termasuk baja ringan. Meski beberapa produsen mengecap produknya anti karat, namun tidak sepenuhnya demikian. Mereka hanya melapisinya dengan zat anti karat. Jika lapisan tersebut terganggu, maka bisa dipastikan karat akan muncul dan menyebar ke seluruh permukaan.

baja ringan berkarat
baja ringan berkarat

Padahal, penggunaannya mulai naik daun. Mulai dari material pengganti kayu untuk rangka atap, hingga digunakan sebagai konstruksi rangka bangunan menggantikan beton. Mengenai kekuatannya, tak bisa dipandang sebelah mata.

Jika kayu mudah lapuk, mudah dimakan rayap, juga mudah terbakar oleh api, baja ringan tidak demikian. Selain itu, baja ringan juga kuat menahan tekanan sampai 240 – 370 Mpa, sedangkan beton cuma mampu menahan tekanan hingga 100 Mpa.

Lantas, bagaimana membuat baja ringan agar tidak korosi?

Sebenarnya, kita hanya tinggal melindungi lapisan anti karat tersebut agar tidak terkelupas, misalnya tergores. Jika terjadi hal seperti itu, sebaiknya lapisi ulang dengan cat.

Hal lain yang perlu dihindari adalah air semen dan cairan asam. Selain cat, zat lain yang digunakan untuk melapisi adalah zinc. Cairan semen mampu merusak zinc pada logam.

Sedangkan asam, sangat reaktif terhadap berbagai logam. Baja ringan bukan material untuk eksterior, jadi tidak diperkenankan terekspos udara luar. Terus–menerus terkena hujan dan panas akan mengurangi khasiat anti karat pada material tersebut. Kendati memakan waktu rada lama, namun tetap saja, itu sangat tidak dianjurkan.

Jadi, pahami pemasangan mulai dari sekarang, dan hindari berbagai hal tersebut agar rangka baja ringan Anda lebih kuat dan tahan lebih lama. Demikianlah tips sedikit agar tidak cepat berkarat

Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan
Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda melaksanakan pemasangan rangka baja ringan.

  • Untuk kuda-kuda yang terpasang harus kuat dan stabil, serta terpasang tegak lurus terhadap ring balok.
  • Kerataan dalam ketinggian apex untuk pemasangan nok di setiap kuda kuda.
  • Ratanya sisi miring pada atap.
  • Coating atau lapisan tidak timbul kerusakan.
  • Tidak terjadinya perubahan bentuk akibat kesalahan pelaksanaan pekerjaan.

Sesudah syarat teknis tersebut terpenuhi, kemudian pemasangan kuda-kuda baja ringan baru dapat dilaksanakan.

Ada tiga tahap yang utama dalam cara memasang, ini khususnya pada rangka atap, yaitu:

  1. Persiapan.
  2. Levelling dan marking (penyamarataan dan penandaan).
  3. Pemasangan.

Dan dibawah ini kami memberikan penjelasan uraian diatas bagaimana cara pemasangan dari tiga tahapan tersebut:

1.Persiapan 

Pada tahapan yang pertama perlu dipersiapkan adalah:

  1. Gambaran perencanaan atap yang akan di gunakan dan perletakan kuda kuda
  2. Perlengkapan peralatan yang digunakan dalam pemasangan kuda-kuda.
  3. Pentingnya Peralatan K3 (kesehatan & keselamatan kerja) sebagai persyaratan utama melakukan pekerjaan di atas ketinggian.

2. Leveling dan Marking (Penyamarataan dan Penadaan)

Setelah persiapan sudah terpenuhi, cara pemasangan rangka baja  selanjutnya adalah kegiatan leveling dan marking, yaitu:

  1. Pastikan meratanya permukaan ring balok dan siku.
  2. Pastikan rangkaian ring balok telah terikat secara keseluruhan pada bagian bangunan. Dan sudah tersambung dengan benar pada kolom di bawahnya.
  3. Pengukuran jarak antar truss, lalu tandai posisi untuk meletakkan truss sesuai dengan gambar rencana kerja.

3. Pemasangan Kuda Kuda

Sampailah kita pada tahap ketiga yaitu pemasangan kuda kuda:

  1. Setelah kuda kuda terpasang sama dengan nomor urutan yang telah di tandai. pada waktu memasang, memastikan posisi kana dan kiri kuda-kuda agar tidak terbalik.
  2. Mengecek kuda-kuda yang sudah berdiri agar tegak lurus dengan ring balok.
  3. Untuk pengencangan kuda kuda menggunakan plat L.
  4. Untuk pengencangan plat L dengan ring balok menggunakan dynabolt, dan tambahkan balok untuk menjaga sebagai penopang sementara, supaya kuda-kuda tidak berubah posisinya.
  5. Pemasangan material balok nok.
  6. Pemasangan bracing sebagai penguatan.
  7. Pemasangan reng pada jarak yang telah di sesuaikan penutup atap yang digunakan. Di setiap pertemuan reng dengan kuda-kuda diikat memakai sekrup (screw) ukuran 10-16×16 sebanyak 2 buah.
  8. Pemasangan outrigger (Outrigger adalah suatu struktur tambahan berbentuk rangka batang berdimensi besar).
  9. Pemasangan reng langit-langit di permukaan bagian atas bottom chord kuda-kuda dan di sekrup (screw) berjarak masing masing 120 cm.

Demikian sedikit ulasan kami tentang bagaimana cara pemasangan untuk tekhnik dasar. Saran dari kami, apabila anda ingin menggunakan atau memakai material konstruksi ini, pilihlah tenaga ahli yang mengerti tekhnik dasar pemasangan rangka baja ringan.

Sekarang Kita Bahas Apa saja Kelebihan Baja Ringan Merk Gigasteel

Filosofi produk

Berbeda dengan kebanyakan produsen baja ringan lepasan yang hanya menjual produknya secara batangan, GIGASTEEL tidak hanya menjual bahan baku, akan tetapi juga memberikan standar perhitungan, pemasangan dan pengawasan langsung di proyek hingga produknya terpasang. Produk sistem rangka atap baja ringan instalasi produk GIGASTEEL dilakukan oleh Fabrikator yang ditunjuk resmi dan telah melalui pelatihan menyeluruh.

Spesifikasi bahan baku

GIGASTEEL SYSTEM dibuat dari baja ringan mutu tinggi G550 dengan spesifikasi sebagai berikut
BAJA MUTU TINGGI G550 Memenuhi: ASTM, AS, JIS
Kekuatan Leleh Minimum 550 Mpa
Tegangan Minimum 550 Mpa
Modulus Elastisitas 200.000 Mpa
Modulus Geser double click to edit

Lapisan anti karat

GIGASTEEL System menyediakan dua jenis lapisan anti karat untuk pasar Indonesia yang sangat luas dan beragam. Lapisan yang pertama adalah lapisan Almunium Zinc / Galvalume dengan tebal lapisan 100gr/m2. Sedangkan lapisan kedua adalah Z/Galvanis dengan ketebalan lapisan 220gr/m2. Dengan dua pilihan yang disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan, GIGASTEEL System dapat memberikan solusi terbaik untuk bangunan anda.

Jenis profil

Jenis profil utama GIGASTEEL adalah profil Z. Profil Z memberikan jaminan kekuatan dan kekakuan untuk struktur baja ringan, hal ini di sebabkan profil Z mempunyai titik berat yang berada tepat pada badan profilnya sendiri sehingga akan membuat batang lebih stabil dan kaku.

Konektor dan alat sambung

Kekuatan sebuah struktur sangat bergantung pada kekuatan sambungannya. GIGA GRIP adalah solusi GIGASTEEL untuk sambungan antar kuda-kuda yang akan memperkuat keseluruhan konstruksi atap.

Elemen lain yang juga sangat penting adalah aplikasi self drilling screw (sds). Setiap struktur rangka atap memerlukan ribuan screw, karenanya peran dan pilihan screw tidak dapat dianggap remeh. untuk itu GIGASTEEL memakai GIGASCREW yang telah memenuhi standar AS 3566.1 : 2002 / AS 3566.2 : 2002.

Perhitungan struktur

Berbeda dengan struktur baja konvensional, teknik perhitungan struktur baja ringan cenderung masih baru dan belum diajarkan secara mendalam dalam koridor akademis. Karena itu pemakaian perangkat lunak komputer yang tepat untuk struktur baja ringan sangat diutamakan. Perangkat lunak GIGASTEEL terjamin keasliannya dan telah terverifikasi oleh badan-badan yang diakui di Indonesia.

 

28 Comments

Leave a comment

WhatsApp Hubungi Kami