Alasan Memilih Atap Bangunan dengan Menggunakan Baja Ringan

Sesuai dengan namanya yaitu baja ringan, sudah jelas tipe baja ini adalah baja yang tidak berat, biasanya orang lebih mengenal semua yang disebut baja adalah sesuatu yang berat atau juga mereka menyebut baja konvesional. Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat tipis dan tentunya ringan, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional  jika baja ringan disusun dan didesain dengan strategi dan perhitungan yang akurat.

Ada beberapa macam baja ringan yang di kelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya atau dalam bahasa inggrisnya tensile strength. Kemampuan tegangan tarik ini umumnya di dasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.

Salah satu baja ringan dengan mutu tinggi yaitu GIGASTEEL dengan kekuatan leleh minimum 550 MPa (Mega Pascal). GIGASTEEL menciptakan system rangka atap baja ringan sebuah bangunan dengan struktur dan perhitungan yang luar biasa.

Alasan – alasan menggunakan baja ringan digunakan untuk rangka atap:

  1. Rangka baja ringan tidak akan dimakan rayap
  2. Baja ringan akan mempercepat durasi atau waktu pengerjaan suatu bangunan
  3. Struktur rangka atap baja ringan yang tentunya lebih ringan daripada jika anda menggunakan kayu sebagai rangka atap anda
  4. Rangka baja ringan menggunakan anti karat yang sesuai dengan kebutuhan dan perhitungan atap rumah / bangunan anda

Spesifikasi atap baja ringan milik GIGASTEEL meliputi profil batang utama (top and bottom chord) yaitu profil Z, profil batang web yaitu profil C , dan profil reng yaitu profil B. Lapisan anti karat yang dipakai atap baja ringan GIGASTEEL mengandung Aluminium Zinc AZ100 dengan ketebalan lapisan 100gr/m2.

Atap baja ringan GIGASTEEL hadir dari pengalaman para ahli yang telah berkecimpung lebih dari 20 tahun dalam pengembangan “ system rangka atap baja ringan “. GIGASTEEL mempunyai system terbaik dan juga dibuat di mesin terbaik dengan menggunakan bahan terbaik dan bisa memberikan kolaborasi terbaik untuk customer. GIGASTEEL adalah system rangka atap baja ringan yang memberikan garansi nasional 10 tahun.

RANGKA ATAP BAJA RINGAN, AMAN! TAPIIII……..

Struktur Atap Baja Ringan, seperti halnya struktur pd umumnya, memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Amankah rangka atap baja ringan?

AMAN!!!

Tapi ada beberapa poin penting yg harus dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan memakai rangka atap baja ringan. Banyak tipe dan merek beredar, namun jika hanya harga yg jadi pertimbangan, maka MAUT akan mengintai……
Penulis akan memaparkan
Mengapa Struktur Baja Ringan sering gagal:

  1. Saat ini baja ringan sudah jadi produk massal, mudah ditemukan di mana-mana dan bisa dibeli serta dipasang siapa saja, termasuk oleh pihak yg tidak kompeten jadi kontraktor atau instalator struktur.
  2. Kalau mau aman, ya struktur baja ringan harus dihitung dengan perangkat lunak/software yg benar dan tepat. Tapi harganya cukup mahal, bisa puluhan bahkan ratusan juta Rupiah. Alternatif lainnya adalah menyewa penggunaan software itu. Harga sewanya berkisar 20-an juta Rupiah per tahun. Melihat dari nilai ini saja, sudah terlihat bahwa syarat penggunaan software tidak akan bisa dipenuhi kontraktor-kontraktor kecil.
  3. Bahan dasar metal lembaran saat ini masih banyak beredar yang kualitasnya bukan diperuntukkan bagi struktur rangka atap baja ringan. Misalnya saja syarat kekuatan bahan baja ringan yg seharusnya G550 High tensile steel, ternyata waktu diuji di bawah itu, bahkan konon ada yang hanya G370 mild steel. Bukan berarti G370 itu jelek. Tapi untuk rangka atap baja ringan, syaratnya minimum G550.
  4. Lapisan anti karat atau coating yang non standar. Untuk Galvanis (Zinc), minimum Z180 (tebalnya 180 gram/m2), untuk Galvalume (aluminum-zinc) minimum AZ150 (150 gram/m2). Coba cek, di pasaran yg beredar AZ100 bahkan kurang.
  5. Syarat jumlah sekrup (harus self-drilling screw beralur kasar) dan mutu sekrup seringkali diabaikan. Di tiap titik sambunhmgan, minimal 3 sekrup harus dipasang. Faktanya, kadang cuma 1-2 sekrup itupun suka meleset lubangnya. Sekrup standard high strengh AS 3556 diganti sekrup biasa yg lebih murah, bahkan ada yang nekat memakai sekrup beralur halus yg notabene bukan diperuntukkan bagi rangka atap baja ringan.
  6. Syarat pembebanan sering diabaikan. Tidak hanya beban penutup atap, beban angin dan hujan pun seharusnya dihitung dan berbeda (khas) di tiap wilayah.7. Profil Baja Ringan yg mudah ditemukan di pasaran tebalnya 0.75-0.8 mm, bahkan ada yg hanya 0,65mm dan 0,50mm ! Sebenarnya ketebalan ini masih bisa dipertanggungjawabkan asalkan dihitung benar2 memakai software yg tepat.8. Rangka atap baja ringan itu kekakuannya rendah, sehingga perlu dipasang elemen2 pengaku/bracing yang cukup dan tepat pemasangannya. Bracing vertikal, lateral dan horizontal seringkali tidak dipasang, atau dipasang sembarangan dan salah penempatan.

9. Tidak banyak engineer yg menguasai prinsip desain Baja Ringan sesuai AISI, karena dalam kurikulum S1 Teknik Sipil di Indonesia memang tidak diajarkan. Itu sebabnya perencanaan Baja Ringan harus dilakukan oleh engineer struktur dengan memakai software yg tepat.

Pengertian Konstruksi Baja

Konstruksi baja yakni satu buah konstruksi atau rangka baja yg terdiri dari batang-batang baja yg di sambung-sambung menjadi sebuah  gabungan wujud segitiga menyerupai bangunan. tiap-tiap batang akan di sambung menyerupai simpul dan memanfaatkan baut, las lumer dan semua paku kelling. Yang disebutkan konstruksi baja yaitu sebuah rangka di sektor puncak rumah suatu bangunan seperti bangunan bengkel, gudang, dan bangunan-bangunan lain

 

  • Dalam pemakaian konstruksi baja diperlukan seperti berikut:
  • Pembuatan kuda-kuda rangka bangunan
  • Bahan baja yang digunakan
  • Lapisan Anti Karat
  • Proses perhitungan
  • Screw yang digunakan
  • Dll.

Keistimewaan Konstruksi Baja

Pemasangan yg relatif enteng, bila anda memanfaatkan konstruksi tidak hanya baja, kira kira memerlukan tenaga yg tidak sedikit, namun dengan memanfaatkan konstruksi baja tidak perlu mengeluarkan seluruh tenaga dan juga untuk anggaran konstruksi baja lebih sesuai dengan bisa menekan anggaran operasional.

baja lebih efisien dibanding dengan konstruksi lainnya,  baja juga mempunyai mutu yang bagus.

Anda perlu tahu bentuk-bentuk baja yg di perdagangkan. bila kamu mau paham beberapa jenis dan sedang ukuran mengenai baja dikarenakan bahan baja yg difungsikan pada sebuah konstruksi tidak semuanya sama atau juga lebih mudahnya tergantung fondasi sebuah tempat.

Baca Juga: Alasan Memilih Atap Bangunan dengan Menggunakan Baja Ringan

Menggunakan Baja Ringan

Apa perbedaan dari baja ringan dan baja berat ( konvensional ) ?

Dari segi proses pembentukannya, baja konvensional dibentuk saat masih berwujud liquid atau cairan dengan suhu yang sangat panas. Cairan baja tersebut akan dituang ke cetakan dengan teknik khusus yang tidak sembarang orang mampu melakukannya.

Beda halnya dengan baja ringan yang dibentuk saat suhu cairan baja mulai agak dingin. Perbedaan suhu tersebut menjadi faktor penyebab berat dan tidaknya massa besi baja itu.

Comment

There is no comment on this post. Be the first one.

Leave a comment